Department of Agronomy

The World's Healthy Foods Producer

Procedure Sempro, Semhas & Kompre

07-Dec-2020
bp

Prosedur Pendaftaran Ujian Seminar Proposal, Hasil dan Tugas Akhir secara Luring / Offline Departemen Budidaya Pertanian

MEKANISME UMUM

SEMINAR PROPOSAL, SEMINAR HASIL DAN UJIAN SIDANG TUGAS AKHIR (UJIAN KOMPREHENSIF)

Kehadiran dan persetujuan dosen penguji:

      1. Kehadiran dosen: (a) sempro dihadiri dosen Pembimbing dan Pembahas, (b) semhas dihadiri dosen pembimbing, (c) sidang komprehensif dihadiri dosen pembimbing, pembahas dan Ketua Majelis.
      2. Urutan prioritas memohon persetujuan dosen penguji (sempro dan komprehensif):
          • Sempro : Mahasiswa wajib mengkonsultasikan/mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada dosen pembahas terkait usulan jadwal ujian. Usulan jadwal dari dosen pembahas wajib dikomunikasikan kepada dosen pembimbing. Apabila tidak dapat langsung mendapatkan kesepakatan, mahasiswa diwajibkan mengkomunikasikan kembali kepada dosen pembahas untuk memohon pertimbangan dan persetujuan ulang.
          • Semhas: Mahasiswa wajib mengkonsultasikan/mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada dosen pembimbing terkait usulan jadwal ujian.
          • Komprehensif: urutan sama dengan ujian sempro namun setelah diperoleh kesepakatan jadwal antara dosen pembahas dan pembimbing, mahasiswa wajib segera mengkomunikasikan kepada dosen ketua majelis terkait jadwal ujian komprehensif. Jika ketua majelis bersedia sesuai dengan jadwal yang telah diusulkan maka mahasiswa wajib segera melakukan pendaftaran secara administratif (di link GForm administrasi Departemen BP dan di SIAT akademik FP). Apabila dosen ketua majelis tidak bersedia dikarenakan memiliki jadwal lain, maka mahasiswa wajib menghubungi sekretaris Departemen BP untuk diberi arahan dosen ketua majelis pengganti.
          • Proses komunikasi penentuan jadwal ujian idealnya dilakukan selambat2nya H-14 sebelum ujian dilakukan.
      3. Mahasiswa mendownload Form Persetujuan Seminar / Ujian Skripsi:

        Setelah mahasiswa mendapatkan jadwal dan tandatangan dari dosen kemudian mahasiswa mengecek ketersediaan ruangan seminar / ujian yang kosong di ruang Administrasi BP

      4. Mahasiswa mendaftar ujian sempro, semhas dan komprehensif di SIAT (hanya mengisi form tanpa mendownload apapun di SIAT)
      5. Mengisi GForm untuk mendapatkan semua formulir yang dibutuhkan dalam Seminar dan Ujian Skripsi
      6. Apabila semua berkas sudah lengkap, silahkan dimasukkan ke dalam Map Kertas (Map Hijau untuk Sempro, Map Kuning untuk Semhas dan Map Biru untuk Ujian Skripsi) untuk didaftarkan ke Administrasi BP menemui Bapak Adi Yuwono untuk SEMINAR dan Bapak Dony Suryono untuk UJIAN SKRIPSI
      7. Mahasiswa wajib mengirim manuscript proposal/laporan tugas akhir dan slide PPT kepada seluruh dosen penguji sejak pendaftaran ujian disetujui. Jika tidak memungkinkan, maka selambat-lambatnya 3 hari menjelang ujian dilaksanakan (via email atau WA sesuai kesepakatan dengan dosen).
      8. Mahasiswa yang akan Sempro/Semhas diwajibkan mengingatkan seluruh peserta seminar (Mahasiswa BP yang hadir) untuk membawa Buku Kendali (Buku Hijau) atau Lembar Kendali. Mahasiswa peserta dapat memohon tandatangan dosen pembimbing setelah selesai Sempro/Semhas. Download Buku Hijau (Buku Kegiatan Studi Mahasiswa)

Keterangan:
Alur prosedur dan ketentuan pelaksanaan ujian seminar proposal, hasil dan sidang tugas akhir diperbaharui per tanggal 1 September 2022 dan diberlakukan efektif mulai tanggal 1 September 2022 hingga diumumkan kembali perubahan dan ketentuan berikutnya.

Apabila semua berkas sudah lengkap, silahkan dimasukkan ke dalam Map Kertas (Map Hijau untuk Sempro, Map Kuning untuk Semhas dan Map Biru untuk Ujian Skripsi)

NB. Untuk semester genap 2022/2023 setiap mahasiswa yang akan melaksanakan Sempro/Semhas wajib menunjukkan lembar kendali sebagai bukti kehadiran menjadi audience dalam Sempro/Semhas minimal 10 kali kehadiran

 

Ketua Departemen Budidaya Pertanian

TTD

Dr. Noer Rahmi Ardiarini, SP.,M.Si.
NIP. 197011181997022001