Department of Agronomy

The World's Healthy Foods Producer

Prosedur Pendaftaran Ujian Seminar Proposal, Hasil dan Tugas Akhir Daring Online Jurusan BP

03-Apr-2020
bp College Student, General

Prosedur Pendaftaran Ujian Seminar Proposal, Hasil dan Tugas Akhir Daring Online Jurusan BP

Alur Prosedur Pelaksanaan Ujian Seminar Proposal, Hasil dan Sidang Tugas Akhir

  1. Mahasiswa mendapat persetujuan dari dosen penguji yaitu : (i) dosen Pembimbing dan Pembahas (sempro) atau (ii) dosen pembimbing (semhas) atau (iii) dosen pembimbing, pembahas dan Ketua Majelis (ujian tugas akhir/sidang komprehensif).
  2. Mahasiswa mendaftar Ujian Sempro atau Semhas atau tugas akhir melalui SIAT dan kepada Koordinator Admin (Pak Joko Pitono,SE) melalui WA : 082132091321 dengan melampirkan softfile berupa : (i) Screenshot Pendaftaran SIAT ; (ii) Bukti persetujuan Dosen penguji (bisa berupa bukti email, screenshot percakapan SMS/WA atau dokumen yang membuktikan persetujuan dari Dosen).
  3. Mengirimkan softfile di point ke-2 tersebut ke email jurusan BP (bpfpub1@gmail.com, judul email : nama mhs_jenis ujian) dilengkapi dengan: screenshot pernyataan mahasiswa pembahas, moderator mahasiswa dan peserta/audience yang menyatakan (i) tidak ada kendala/kesulitan dalam penggunaan quota internet selama mengikuti ujian seminar online (ii) dan akan mengikuti ketentuan kesopanan serta keaktifan selama ujian online berlangsung (redaksi komunikasi WA bersifat bebas namun sopan).
  4. Mengingatkan kembali Dosen penguji sebelum pelaksanaan ujian online (H-2 atau H-1).
  5. Mahasiswa wajib mengirim manuscript proposal/laporan tugas akhir dan slide PPT kepada seluruh dosen penguji sejak pendaftaran ujian disetujui. Jika tidak memungkinkan, maka selambat-lambatnya 3 hari menjelang ujian dilaksanakan (via email atau WA sesuai kesepakatan dengan dosen).

Ketentuan Pelaksanaan Ujian Seminar Proposal dan Hasil:

  1. Mahasiswa berpakaian rapi dan formal menggunakan kemeja (seperti halnya pelaksanaan di kampus) serta menggunakan jas almamater.
  2. Pemimpin forum adalah dosen pembimbing, namun forum seminar online tetap difasilitasi oleh moderator mahasiswa.
  3. Evaluasi/review juga dilakukan oleh mahasiswa pembahas.
  4. Dihadiri minimal 5 orang peserta (selain mahasiswa pembahas dan moderator). Peserta wajib berpakaian rapi, pada saat diskusi wajib menyalakan kamera computer/laptop.
  5. Mahasiswa presenter akan direview oleh dosen penguji setelah melalui tahapan evaluasi oleh mahasiswa pembahas dan forum diskusi/pertanyaan dari peserta.
  6. Rekomendasi waktu ujian seminar online adalah:
  • Presentasi:10 menit.
  • Review mahasiswa pembahas (termasuk tanggapan/jawaban dari mahasiswa presenter): 10-15 menit.
  • Diskusi/tanya jawab dengan mhs peserta: 10 menit.
  • Review dosen penguji (termasuk jawaban mahasiswa presenter): 10-20 menit, atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
  • Lain-lain, termasuk waktu untuk moderator: 3-5 menit.

Ketentuan Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir/skripsi (ujian sidang komprehensif S1):

  1. Mahasiswa berpakaian rapi dan formal menggunakan kemeja (seperti halnya pelaksanaan di kampus) serta menggunakan jas almamater.
  2. Pemimpin forum adalah dosen penguji (ketua majlis sidang tugas akhir).
  3. Mahasiswa presenter akan diuji (tanya jawab) oleh dosen penguji setelah melalui tahapan presentasi hasil penelitian tugas akhir.
  4. Setelah melalui tahapan tanya jawab, mahasiswa presenter akan dipersilahkan keluar forum online untuk sementara (left Gmeet atau zoom) untuk menunggu hasil keputusan (penilaian) seluruh dosen penguji.
  5. Rekomendasi waktu ujian tugas akhir online adalah:
  • Presentasi:10-15 menit
  • Pertanyaan dan review oleh masing-masing dosen penguji (termasuk jawaban mahasiswa presenter): 10-20 menit, atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Keterangan:
Alur prosedur dan ketentuan pelaksanaan ujian seminar proposal, hasil dan sidang tugas akhir diperbaharui per tanggal 28 Agustus 2020 dan akan diberlakukan efektif mulai tanggal 1 September 2020 hingga diumumkan kembali perubahan dan ketentuan berikutnya.

 

Ketua Jurusan Budidaya Pertanian

TTD

Dr. Noer Rahmi Ardiarini, SP.,M.Si.
NIP.197011181997022001