Department of Agronomy

The World's Healthy Foods Producer

Secondary Metabolite Analysis Workshop in Strengthening Learning Process in Plant Physiology Laboratory

Presenter

Bertempat di Gedung Jurusan Budidaya Pertanian FP UB, selama 2 (dua) hari pada Senin dan Selasa (29-30 Agustus 2016), Laboratorium Fisiologi Tanaman mengadakan acara “ Workshop Analisis Metabolit Sekunder dalam Penguatan Proses Pembelajaran di Laboratorium Fisiologi Tanaman”. Acara dihadiri oleh Ketua Jurusan BP, Sekretaris Jurusan BP, Ketua Laboratorium Fisiologi Tanaman, dosen anggota Laboratorium Fisiologi Tanaman, perwakilan Dosen dari Laboratorium Sumber Daya Lingkungan (SDL) dan Laboratorium Pemuliaan Tanaman (PT), laboran masing-masing laboratorium di jurusan BP serta mahasiswa Pascasarjana FP UB. Selain melibatkan warga di lingkungan Jurusan Budidaya Pertanian FP UB, kegiatan ini juga dihadiri oleh tim dari PT. Ditek Jaya sebagai distributor alat spektrofotometer yang digunakan dalam proses analisis metabolit sekunder.

Presenter Presenter

Kegiatan workshop hari pertama terdiri dari kegiatan diskusi ruang dengan empat orang pemateri. Pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Ir. Tatik Wardiyati, MS dengan topik “ Peran Metabolit Sekunder dalam Menunjang Industri Pertanian”, dilanjutkan dengan pemaparan tentang “ Metabolisme Antosianin dan Upaya Peningkatannya” oleh Prof. Dr. Ir. Titiek Islami, MS. Pada sesi selanjutnya Prof.Ir. S.M. Sitompul, Ph.D menjelaskan tentang “Analysis Secondary Metabolites: Spectrophotometric Method” dan diskusi diakhiri oleh pemaparan tentang “Kurkumin” oleh Dr. Ir. Ellis Nihayati, MS. Para peserta sangat antusias dengan kegiatan diskusi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama diskusi berlangsung.

Presenter Presenter

Pada hari kedua, kegiatan workshop diawali dengan pemaparan materi oleh Bpk. Adib Isrofil sebagai perwakilan dari PT. Ditek Jaya. Dalam pemaparannya, beliau menerangkan tentang fungsi alat spektrofotometer dan cara penggunaan spektrofotometer untuk analisis metabolit sekunder. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan praktek penggunaan alat spektrofotometer bertempat di Lab. Fisiologi Tanaman. Pada akhir acara salah satu peserta yang berstatus mahasiswa Pascasarjana mengungkapkan bahwa kegiatan workshop ini sangat berkesan karena banyak informasi yang didapat terutama tentang peluang penelitian yang berkaitan dengan analisis metabolit sekunder tanaman.