Departemen Agronomi

The World's Healthy Foods Producer

Prosedur Sempro, Semhas & Kompre

07-Des-2020
bp

Prosedur Pendaftaran Ujian Seminar Proposal, Hasil dan Tugas Akhir Daring Online Jurusan BP

Alur Prosedur Pelaksanaan Ujian Seminar Proposal, Hasil dan Sidang Tugas Akhir

  1. Mahasiswa mendapat persetujuan dari dosen penguji yaitu :
      • Kehadiran dosen: (i) sempro dihadiri dosen Pembimbing dan Pembahas, (ii) semhas dihadiri dosen pembimbing, (iii) sidang komprehensif dihadiri dosen pembimbing, pembahas dan Ketua Majelis.
      • Urutan prioritas memohon persetujuan dosen penguji (sempro dan komprehensif):
        • Sempro : Mahasiswa wajib mengkonsultasikan/mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada dosen pembahas terkait usulan jadwal ujian. Usulan jadwal dari dosen pembahas wajib dikomunikasikan kepada dosen pembimbing. Apabila tidak dapat langsung mendapatkan kesepakatan, mahasiswa diwajibkan mengkomunikasikan kembali kepada dosen pembahas untuk memohon pertimbangan dan persetujuan ulang.
        • Semhas: Mahasiswa wajib mengkonsultasikan/mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada dosen pembimbing terkait usulan jadwal ujian.
        • Komprehensif: urutan sama dengan ujian sempro namun setelah diperoleh kesepakatan jadwal antara dosen pembahas dan pembimbing, mahasiswa wajib segera mengkomunikasikan kepada dosen ketua majelis terkait jadwal ujian komprehensif. Jika ketua majlis bersedia sesuai dengan jadwal yang telah diusulkan maka mahasiswa wajib segera melakukan pendaftaran secara administratif (di SIAT akademik FP dan di link GForm administrasi Jurusan BP). Apabila dosen ketua majelis tidak bersedia dikarenakan memiliki jadwal lain, maka mahasiswa wajib menghubungi sekretaris jurusan BP untuk diberi arahan dosen ketua majlis pengganti.
        • Untuk Sempro, Semhas dan Kompre: SKS min. 138 non skripsi, nilai D kurang dari 10 % & bebas nilai E ( kecuali nilai E MK yg masih berjalan/ditempuh )
        • Proses komunikasi penentuan jadwal ujian idealnya dilakukan selambat2nya H-7 sebelum ujian dilakukan.
  2. Mahasiswa mendaftar Ujian Sempro atau Semhas atau tugas akhir melalui SIAT dan di link GForm Jurusan BP (https://bit.ly/FormPendaftaranSemproSemhasKompreBP). Setelah melakukan pendaftaran pada link tersebut wajib konfirmasi kepada Koordinator Admin melalui WA: 082132091321). Untuk Kompre wajib konfirmasi ke Pak Dony Suryono (085755112253).
  3. Apabila semua dokumen lengkap, maka administrasi jurusan BP akan memproses undangan (via WA kepada masing2 dosen penguji). Di lain pihak, mahasiswa tetap berkewajiban mengingatkan kembali Dosen penguji sebelum pelaksanaan ujian online (H-2 atau H-1).
  4. Mahasiswa wajib mengirim manuscript proposal/laporan tugas akhir dan slide PPT kepada seluruh dosen penguji sejak pendaftaran ujian disetujui. Jika tidak memungkinkan, maka selambat-lambatnya 3 hari menjelang ujian dilaksanakan (via email atau WA sesuai kesepakatan dengan dosen).

Ketentuan Pelaksanaan Ujian Seminar Proposal dan Hasil:

  1. Mahasiswa berpakaian rapi dan formal menggunakan kemeja (seperti halnya pelaksanaan di kampus) serta menggunakan jas almamater.
  2. Pemimpin forum adalah dosen pembimbing, namun forum seminar online tetap difasilitasi oleh moderator mahasiswa.
  3. Evaluasi/review juga dilakukan oleh mahasiswa pembahas.
  4. Dihadiri minimal 5 orang peserta (selain mahasiswa pembahas dan moderator). Peserta wajib berpakaian rapi, pada saat sesi diskusi wajib ON WEBCAM (kamera komputer/laptop atau handphone).
  5. Mahasiswa presenter akan direview oleh dosen penguji setelah melalui tahapan evaluasi oleh mahasiswa pembahas dan pertanyaan dari peserta (di saat sesi diskusi).
  6. Rekomendasi waktu ujian seminar online adalah:
  • Presentasi:10 menit.
  • Review mahasiswa pembahas (termasuk tanggapan/jawaban dari mahasiswa presenter): 10-15 menit.
  • Diskusi/tanya jawab dengan mhs peserta: 10 menit.
  • Review dosen penguji (termasuk jawaban mahasiswa presenter): 10-20 menit, atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
  • Lain-lain, termasuk waktu untuk moderator: 3-5 menit.

Ketentuan Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir/skripsi (ujian sidang komprehensif S1):

  1. Mahasiswa berpakaian rapi dan formal menggunakan kemeja (seperti halnya pelaksanaan di kampus) serta menggunakan jas almamater.
  2. Pemimpin forum adalah dosen penguji (ketua majlis sidang tugas akhir).
  3. Mahasiswa presenter akan diuji (tanya jawab) oleh dosen penguji setelah melalui tahapan presentasi hasil penelitian tugas akhir.
  4. Setelah melalui tahapan tanya jawab, mahasiswa presenter akan dipersilahkan keluar forum online untuk sementara (left Gmeet atau zoom) untuk menunggu hasil keputusan (penilaian) seluruh dosen penguji.
  5. Rekomendasi waktu ujian tugas akhir online adalah:
  • Presentasi:10-15 menit
  • Pertanyaan dan review oleh masing-masing dosen penguji (termasuk jawaban mahasiswa presenter): 10-20 menit, atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Keterangan:
Alur prosedur dan ketentuan pelaksanaan ujian seminar proposal, hasil dan sidang tugas akhir diperbaharui per tanggal 17 Desember 2020 dan diberlakukan efektif mulai hari senin tanggal 21 Desember 2020 hingga diumumkan kembali perubahan dan ketentuan berikutnya.

 

Ketua Jurusan Budidaya Pertanian

TTD

Dr. Noer Rahmi Ardiarini, SP.,M.Si.
NIP.197011181997022001